Sunday, 5 August 2012

Gratis aplikasi koperasi simpan pinjam


Setelah sekian lama berkecimpung di bidang pembuatan aplikasi untuk koperasi simpan pinjam, maka untuk lebih mengembangkan semangat koperasi di Indonesia, kami memberikan aplikasi koperasi yang sudah jadi secara gratis (free). Bagi rekan-rekan koperasi yang belum mempunyai sistem aplikasi untuk operasional maupun yang sudah mempunyai tetapi aplikasi yang dipakai bermasalah, tidak ada salahnya mencoba aplikasi yang sudah saya buat ini.
Untuk itu silahkan unduh (download) kedua link di bawah ini:

1. Setup Client
2. KSP ed. 132
3. e-book tutorial (sayangnya belum 100% selesai)
Setelah mengunduh kedua file tersebut, maka proses instalasinya cukup mudah yaitu:
Edited:
(semua link di atas sudah tidak berlaku, untuk link download terbaru bisa buka di postingan paling terbaru)
  1. Jalankan program Client dotFinance Setup.EXE sebagai set-up awal. Isi dengan informasi nama koperasi, lalu click tombol Next sampai dengan Finish.
  2. Ekstrak file KSP132.RAR ke dalam komputer anda.
  3. Jalankan aplikasi dotFINANCE.EXE. Untuk mempermudah menjalankan aplikasi, anda dapat membuat shortcutnya secara manual. Cukup dengan Paste as Shortcut di desktop windows anda.
  4. Untuk login awal, nama login = ADMIN, dan password = nimda
  5. Buatlah dan/atau tambahkan grup user baru untuk memberi hak pemakaian menu-menu transaksi.
  6. Tambahkan user baru dan kaitkan dengan grup user yang baru dan/atau yang sudah terdaftar (MANAJER, ADM KREDIT, AKUNTING, TELLER, AO)
  7. Login ulang dengan menggunakan user yang baru.

Apabila ada hal yang ingin ditanyakan lebih detil, dipersilahkan menghubungi saya melalui email aditiarsa@gmail.com atau telp di 031-31002189 (jam kerja - apabila tidak tersambung dapat mengirim sms terlebih dahulu)

Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat membantu proses administrasi, operasional dan kegiatan usaha koperasi simpan pinjam anda.

Lanjut ke update terbaru

Copyright (c) tritechcomp.com

41 comments:

  1. Terima kasih untuk sharing programnya pak. Saat ini kami juga sedang mencari-cari program untuk koperasi di daerah kami. Kami akan kontak bapak apabila kami mengalami kesulitan dalam pengoperasiannya....

    ReplyDelete
  2. keren gan, info yang bermanfaat tuh buat software sinpan pinjam, trims infonya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih kalau sudah terbantu. Mohon sebarkan info ini ke rekan kerja anda.

    ReplyDelete
  4. paswordnya kok udah gak bisa gan, mohon pencerahannya. trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cek tidak masalah koq. Coba email saya dengan memberikan penjelasan yang lebih detil dan untuk keperluan dokumentasi saya, sekaligus sebutkan nama koperasi dan lokasinya. Terima kasih.

      Delete
  5. Mantap....
    FoxPro memang ahlinya, btw manualnya gak ada ya???
    'n menunya agak bribet ndak umum (pingin beda kali ya),
    setting nama koperasi tampilan awal gak muncul.
    Siiiip sukses terus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. manualnya udah saya upload, tapi manual ini masih dalam belum selesai semua, karena sambil bikin manual sekaligus tes program dan ketemu beberapa bug yang mesti saya perbaiki.
      Karena ini gratisan, ya gak perlu pajang nama koperasi hehehehe

      Delete
  6. Benar pak, sistem menunya seperti aplikasi di BCA, lebih mengutamakan keypad supaya kerjanya cepat.
    Karena ini program generic, maka tidak menggunakan nama koperasi. Kalau untuk spesifik, bisa hubungi saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyambung yang diatas.
      1. Ini program gratis apa gak (tepatnya sistem pembayarannya, donasi atau harga tetap)
      2. Yang di share program trial apa full (ada beberapa masalah pd form transaksi, baik kas at tabungan) KEBETULAN BELUM CEK SEMUA
      3. Number serial fungsinya apa?
      4. Saya tidak punya atau mengelola koperasi saat ini, tapi bila suatu saat ada teman yg butuh, apa saja penawaran anda?
      5. Apa anda membuka reseller?

      Delete
    2. 1. gratis. Kecuali ingin diadakan perubahan agar lebih sesuai dengan keinginan koperasi sendiri.
      2. full. bila ada masalah,, sebaiknya email saja dan dijelaskan lebih rinci permasalahannya
      3. untuk aplikasi ini tidak diperlukan, kecuali versi berbayar
      4 & 5. anda dapat mengkomunikasikan lewat email

      Delete
  7. Revisi 131 sudah diupload, apabila ditemukan bug silahkan hubungi saya.

    ReplyDelete
  8. Pak, maaf sebelumnya. saya benar2 belum jelas cara penggunaan aplikasi ini untuk koperasi...
    mohon tutorialnya lebih jelas lagi. Apakah ini tidak ada untuk mengisi nama2 anggota dan kas masuk dan keluar setiap bulannya. Terima kasih sebelumnya pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Bu untuk sudah mencoba aplikasi ini. Sehubungan dengan pertanyaan ibu, ada baiknya saya sampaikan melalui email, karena untuk penjelasan penggunaan program, media blog ini tidak akan muat, karena aplikasi ini cukup kompleks.
      Silahkan Ibu email saya di aditiarsa@gmail.com, sampaikan pertanyaan-2 dan jangan lupa untuk mencantumkan nama dan alamat Koperasinya.
      Jawaban singkat atas pertanyaan Ibu di atas, adalah 'Ada'.

      Delete
  9. Adakah cara untuk me-unlock user, saya beberapa kali harus install ulang karena terjadi kesalahan yg mengakibatkan program menutup otomatis dan me lock user (semua termasuk admin)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk unlock user adalah dengan mereset password user tersebut. Anda membutuhkan user yang mempunyai akses menu 9.6, salah satunya ADMIN. Tentunya apabila user ADMIN sendiri terkena lock, jalan satu-satunya dengan install ulang.
      Bisakah anda email ke saya, proses apa yang anda lakukan sehingga program tertutup otomatis? Karena sejauh saya menggunakan program belum pernah terjadi error seperti itu.

      Delete
  10. pak,didalam programya kok gak ada form seperti form simpanan,pinjaman ,dsb?
    moohon bimbingannya pak,karna saya ingin memahami program ini.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Bpk/Bu untuk sudah mencoba aplikasi ini. Sehubungan dengan pertanyaan ibu, ada baiknya saya sampaikan melalui email, karena untuk penjelasan penggunaan program, media blog ini tidak akan muat, karena aplikasi ini cukup kompleks.
      Silahkan Bpk/Ibu email saya di aditiarsa@gmail.com, sampaikan pertanyaan-2 dan jangan lupa untuk mencantumkan nama dan alamat Koperasinya.

      Delete
  11. pak ada ga 1 aplikasi gabungan utk koperasi simpan pinjam dan multi usaha yang keluarnya langsung jd 1 di buku besar..terima kasih sebelumnya. Yudi. Koperasi Swarga, Kalsel

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau digabung dengan POS dan stock control saya belum buat pak.

      Delete
  12. Kebetulan memang aplikasi ini mempunyai ruang lingkup simpan dan pinjamnnya saja. Untuk sistem POS atau jual beli barang belum kami develop.

    ReplyDelete
  13. ISINYA MEMAG CM PENGISISAN DATA USER JA TU GAN???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas tidak gan. User ADMIN hanya untuk mengelola siapa2 yg memakai program. Gunakan user yang baru saja agan buat untuk mengakses menu-menu seperti simpanan, pinjaman, akunting dan lain-lain.

      Delete
  14. nyuwun pirsa dab ,,,
    untuk bisa bekerja setabil aplikasi di sini sepesipikasi koputernya pakai yang bagaimana, adakah kiat-kiat tertentu . terima kasih salam sukses ..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimum yang mampu mendukung sistem operasi Windows 98/XP/Win7. Pasang memori yang agak besar supaya operasional tidak terhambat, dan pastikan sistem Windowsnya tidak terkena virus/malware/trojan. Pentium 4, memori minimal 2GB, HDD 128GB.

      Delete
  15. gan tolong gimana cara pakainya/
    saya sudah download tapi kok gak terinstal?
    tolong bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah penjelasan saya di atas ada yang kelewatan?

      Delete
  16. sudah download mudah2an bisa terinstal soalnya koperasi simpan pinjam butuh banget software..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan membantu kelancaran koperasinya. btw, saya selalu ada update aplikasi bila ditemukan error, jadi sering-2 cek blog ini. terima kasih.

      Delete
  17. kalau bisa user manualnya di upload biar dapat berguna sesuai harapannya. trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih dalam tahap penyelesaian, baru kelar 30%. silahkan email saya untuk mendapatkan file tutorial kalau anda menginginkan.

      Delete
  18. tdk bisa terinstall.
    setelah mengklik dotFINANCE.EXE muncul teks "Cannot locate Microsoft Visual Fox Pro Support Library".
    solusinya bgmana

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapak pastinya belum donlod dan install file "Setup Client", linknya http://www.4shared.com/rar/1axobL83/Client_dotFinance_Setup.html
      Penjelasannya sudah saya cantumkan di atas loh...

      Delete
    2. Mksh Pak penjelasannya. semua sdh terinstall.

      Delete
  19. terima kasih, saya sudah mencobanya tetapi g bisa input data AO maupun PO sehingga tidak bisa membuat rekening, mohon penjelasannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah update blog ini sekaligus menyertakan link untuk download tutorial sementara. Di sana sudah terjawab atas pertanyaan bpk/ibu.

      Delete
  20. terima kasih atas pencerahannya, ini sangat membantu (jenal)

    ReplyDelete
  21. udah gak bisa ya min...
    aku gak bisa download KSP 132 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, memang udah jadi revisi 134 tuh. Lihat saja di blog depan saya http://ardiangratiss.blogspot.com/

      Delete
  22. Ma'af gan..
    kok link KSP132nya sudah tidak berlaku..?
    trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pak, karena ada update terbaru KSP7. Cek di blog saya periode Oktober 2013

      Delete